Kaltara

Temui Warga KM 56, Gubernur Serahkan Alat Pertanian

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara, Dr H Irianto Lambrie mengunjungi warga KM 56 Jalan Poros Bulungan – Berau, Desa Binai, Kecamatan Tanjung Palas Timur. Kunjungan tersebut untuk menghadiri undangan Syukuran Pesta Panen Pertanian yang digelar tiap tahun.

Gubernur mengungkapkan, pentingnya membangun sarana pertanian. Pemerintah punya kewajiban untuk itu, selain memberikan pendampingan terhadap kelompok tani. “Yang terpenting sebagai warga, kita harus mampu membangun semangat gotong royong,” kata Irianto didampingi Ketua TP PKK Kaltara, Hj Rita Ratina Irianto, Selasa (18/8).

Di sela syukuran tersebut, Gubernur juga memberikan bantuan secara simbolis alat bantu pertanian kepada 5 kelompok tani yang ada di wilayah tersebut. Diantaranya, Kelompok Tani Binai Jaya Lestari, Binai Jaya 5, Bina Utama, Gerbang Kaltara, dan Kelompok Tani Nusantara.

Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan meliputi, 1 Unit Cultivator, 1 Unit Mesin Pompa, 20 buah cangkul dan 20 arit. Ini bertujuan untuk menunjang aktifitas kelompok tani. “Saya berpesan agar alat bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena saya melihat potensi lahan pertanian di sini cukup bagus. Secara bertahap pemerintah juga akan memberikan bantuan lainnya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” jelasnya.

Selain bantuan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga akan melakukan pendampingan kepada kelompok tani. Hal ini untuk mengembangkan potensi yang dimiliki guna meningkatkan ketahanan pangan di Kaltara. “Karena itu, saya instruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, untuk memberikan pendampingan kepada kelompok tani yang ada di Kaltara. Kita memiliki Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang dikelola pemerintah. DPKP dapat membeli hasil panen warga untuk kemudian dijual kembali kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Juga banyak program Pemprov Kaltara yang bersentuhan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya adalah Program Dokter Terbang. Program telah melayani perbatasan dan pedalaman. “Jika tahun sebelumnya hanya dokter umum yang melayani program ini. Tahun 2020, kita kembangkan lagi ke dokter spesialis. Karena itu, saya instruksikan Kadis Kesehatan Kaltara, untuk menggelar pengobatan gratis untuk masyarakat di Desa Binai,” ungkap Irianto.

Berkaitan dengan Pilkada Serentak 2020, Gubernur berpesan, agar seluruh warga Kaltara dapat menjaga kondusifitas. Dikatakannya, pesta demokrasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan berpikir masyarakat dalam menerima perbedaan. “Saya minta masyarakat jangan terprovokasi oleh berita yang belum teruji kebenarannya. Kita harus berusaha menciptakan kerukunan,” tuntasnya.(humas)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close