Kaltara

Masih Minim, Gubernur Minta OPD Genjot Serapan Anggaran 2020

TANJUNG SELOR – Dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (13/7) sore kemarin digelar rapat staf bersama para kepala OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Salah satu yang ditekankan Gubernur dalam pertemuan tersebut adalah terkait dengan serapan anggaran APBD Kaltara 2020. Gubernur kembali mengingatkan kepada seluruh kepala OPD, agar mengoptimalkan kinerjanya. “Dilaporkan serapan anggaran kita mencapai kurang lebih 38 persen. Meski di atas serapan APBN, saya anggap ini masih rendah. Seharusnya masih bisa lebih tinggi lagi. Untuk itu, saya minta seluruh OPD kerja lebih keras lagi,” ucap Irianto.

Di samping mengenai anggaran, juga disampaikan dalam rapat itu mengenai kesiapan menjelang Pilkada. Sejauh ini, kata Irianto, kesiapan pelaksanaan Pilkada di Kaltara tidak ada kendala yang berarti. Termasuk dalam hal anggaran. Disebutkan, alokasi anggaran untuk penyelenggara, baik KPU (Komisi Pemilihan Umum) maupun Bawaslu (Badan Pengawas Umum), sesuai laporan sudah tersalurkan semua 100 persen. Sementara untuk anggaran keamanan, mengikuti ketentuannya, baru disalurkan 40 persen.

Masih berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada, diinformasikan juga dalam waktu dekat akan ada agenda kunjungan Mendagri Tito Karnavian ke Kaltara untuk memantau persiapan Pilkada di Kaltara. “Saya minta terus dilaporkan perkembangannya. Segera dikoordinasikan dan dikomunikasikan jika ada kendala. Kita semua berharap Pilkada di Kaltara berjalan dengan aman, tertib, lancar dan berintergritas,” tandasnya.

Hal lainnya turut dibahas dalam rapat staf adalah mengenai agenda kegiatan Pemprov Kaltara dalam waktu dekat. Salah satunya, mengenai rencana melakukan kunjungan kerja dan monitoring kegiatan pemerintah, sekaligus nanti rapat koordinasi dengan jajaran pemerintah kabupaten/kota.

“Insya Allah, kegiatan ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sebelum Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah. Dengan rute perjalanan dari Tanjung Selor, ke Kabupaten Tana Tidung-Malinau-Nunukan-Sebatik dan Tarakan,” katanya.

“Saya tekankan agar dalam kegiatan nanti, tetap mengutamakan protokol kesehatan. Baik dalam setiap kegiatan di titik yang dikunjungi maupun dalam perjalannya,” imbuh Gubernur.(humas)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close