Kaltara

Fokus Penanganan Bantuan Masyarakat Terdampak Covid-19

TANJUNG SELOR – Pemerintah provinsi (Pemprov) Kaltara tengah memfokuskan penanganan bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19. Melalui Respons Kaltara edisi 79, Kepala Dinsos Kaltara, Heri Rudiyono mengungkapkan, pemerintah tengah menyisir jumlah bantuan yang akan diberikan ke masyarakat.

Misalnya dari Kementerian Sosial ada beberapa jenis bantuan, begitupun Pemprov Kaltara. “Ada program BLT, BST maupun jenis bantuan lainnya yang disediakan oleh pemerintah,” kata Heri.

Menurutnya, penyaluran bantuan untuk masyarakat sudah berjalan. Salah satunya, program BLT Pemprov Kaltara yang merupakan hasil penggalangan dana oleh ASN Pemprov dan Gubernur Kaltara. Tidak hanya itu, bantuan lainnya yang terprogram untuk keluarga miskin seperti Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Kartu Sembako (BPNT) juga telah berjalan.

“Kabar gembiranya, program dari Kemensos RI mengalami perluasan data penerima manfaat,” sebut Heri.

Selain adanya bantuan sosial, pemerintah pusat juga memprogramkan kartu prakerja bagi karyawan perusahaan yang menjadi imbas Covid-19. Adanya program ini merupakan salah satu pengaman yang cukup efektif untuk karyawan yang tempatnya bekerja mengalami penurunan produksi.

“Ini juga salah satu pengaman semi bansos, tapi sasarannya adalah karyawan perusahaan yang terkena imbas Covid-19,” jelas Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kaltara, H Asnawi.

Berkaitan dengan penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR), Asnawi mengungkapkan tahun ini Kemenaker juga telah menerbitkan edaran. Sebagaimana tahun lalu, Disnakertrans Kaltara juga telah menyiapkan posko pengaduan THR kepada masyarakat. “Untuk tahun lalu, seluruh perusahaan telah melaksanakan kewajibannya membayar THR kepada karyawan. Tahun ini sesuai edaran Kemenaker, seluruh perusahaan harus menunaikan kewajibannya,” katanya.(humas)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close