Kaltara

Alokasikan Rp 1,1 Miliar untuk Fasilitas Keselamatan Jalan

TANJUNG SELOR – Guna meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan bagi pengguna jalan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) mengalokasikan Rp 1,1 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 untuk peningkatan fasilitas keselamatan jalan.

“Alokasi itu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara diperuntukkan membangun pemasangan perlengkapan jalan atau fasilitas keselamatan bagi pengguna jalan di Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kabupaten Malinau,” kata Kepala Dishub Kaltara Taupan Madjid, Kamis (26/3).

Jenisnya adalah pemasangan guardrail sepanjang 400 meter di KTT. Sedangkan di Malinau adalah marka jalan dan paku marka sepanjang 1,1 kilometer. “Masih penyusunan dokumen lelang, yang jelas tahun ini harus terpasang,” ucapnya.

Disamping itu juga akan dibangun halte Bus Rapid Transit (BRT), dimana hingga saat ini sudah terpasang sebanyak 12 titik menggunakan anggaran 2018 hingga 2019. Dimana pada tahun 2018 dibangun sebanyak 9 unit, dan 2019 sebanyak 3 unit.

“Pada 2018 dibangun pada wilayah Simpang Amal, Simpang Binalatung, depan Universitas Borneo Tarakan (UBT), SMP 10, Simpang Amal Lama, Arah Binalatung, Depan Panti Jompo, Binalatung Beach, SD Binalatung, demikian juga tahun 2019 Halte BRT dibangun sebanyak 3 unit yakni pada lokasi jalan Aji iskandar daerah juwata dan di depan SD atau di simpang perumahan Korpri Juwata, serta di jalan Aki Babu,” sebut Taupan.

Tidak hanya itu, tahun ini Pemprov Kaltara kembali mendapatkan kucuran APBN berjumlah Rp 7,5 miliar. Ada 5 kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini oleh Balai LLAJ Kaltim-Kaltara di Balikpapan. “Anggaran ini merupakan hasil dari usulan Pemprov Kaltara yang disinkronisasi pada konreg Kemenhub Dirjen Darat dan Musrenbangnas,” tutupnya.(humas)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close