Kaltara

Irianto Ingatkan Pentingnya Perhatian kepada Anak-Anak

TANJUNG SELOR – Anak memiliki peran yang penting. Tidak hanya bagian dari keluarga, tetapi anak juga bagian dari masyarakat, bangsa dan negara yang memiliki hak yang sama. Untuk itulah, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengingatkan kepada para orang tua agar memberikan perhatian yang cukup kepada anak-anaknya.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur saat berkumpul bersama ratusan anak dalam acara ‘One Day For Children’ di Pendopo Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Jumat (18/10) lalu. Menurut Irianto, acara One Day for Children atau sehari bersama anak-anak yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Provinsi Kaltara ini, merupakan kegiatan ini sangat penting.

“Selain dapat menumbuhkan kesadaran kepada semua pemangku kepentingan, juga penting bagi masyarakat dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak atas anak. Apalagi daam menghadapi masa depan yang tantangannya semakin kompleks,” kata Gubernur.

“Anak-anak kita, masa depan kita. Jika kita mempersiapkannya sejak dini, maka kualitas anak-anak kita bisa memiliki potensi daya saing yang tangguh. Tidak hanya baik itu Provinsi Kaltara, tapi juga untuk bangsa dan negara,” lanjutnya.

Peran orang tua, menurut Gubernur adalah menjadi yang paling utama. Untuk menjaga, memelihara, peduli, serta memberikan kasih sayang dan memberikan kebutuhan hak-hak atas anak. “Bagi kita yang beragama, apapun agama kita mengajarkan bahwa anak tidak saja menjadi anugerah dari Tuhan, anak juga menjadi amanah yang terberat bagi kita. Kita punya tangung jawab menjadikannya manusia yang bermanfaat, manusia menyebarkan kebaikan, tidak saja untuk diri dan keluarganya tetapi juga untuk masyarakat luas,” kata Irianto.

Gubernur menambahkan, tugas bagi semua elemen masyarat, untuk mempersiapkan anak-anak agar menjadi tangguh, unggul sehingga memiliki daya saing untuk hidup di zaman yang semakin maju dan cepat berubah, saat ini dan dimasa akan datang.

“Dalam kesempatan yang baik ini, selaku gubernur saya juga menegaskan, bagi siapa saja yang dengan sengaja menelantarkan anak-anak. Apalagi melakukan tindak kekerasan terhadap anak, saya mendukung agar ditindak secara tegas. Diberikan hukum pidana yang seberat-beratnya, sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Selain memberikan nasihat-nasihat kepada anak-anak dan orang tua, serta para guru yang hadir pada acara tersebut, Gubernur juga berkesempatan memberikan hadiah kepada sejumlah anak yang hadir. Utamanya bagi anak atau murid sekolah yang dalam kondisi yatim dan piatu, maupun yang tidak mampu. (humas)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close