Kaltara

Sediakan 3 Tempat, Persiapan SKB Sudah 100 Persen

SETELAH peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diumumkan, tahapan selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang menggunakan mekanisme tiga kali jumlah formasi yang dibutuhkan dengan ketetapan berdasarkan peringkat nilai kelulusan SKD.

SKB dilakukan atau difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk Jabatan Fungsional Tertentu atau Jabatan Pelaksana yang materi SKB-nya terintegrasi dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN. Sementara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI akan memfasilitasi JFT atau Jabatan Tertentu yang belum terintegrasi dengan CAT BKN. Disini LAN akan menggunakan metode seleksi psikotest secara tertulis, dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dengan sistem komputerisasi.

“Secara keseluruhan SKB dilaksanakan empat hari, Selasa (21/11) hingga Jumat (24/11) di tiga tempat. Yakni, Laboratorium CAT BKD Provinsi Kaltara untuk CAT yang difasilitasi BKN dan TKB oleh LAN, lalu Kantor BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Bulungan, serta Aula SMA Negeri 1 Tanjung Selor,” papar kepala BKD Kaltara, Muhammad Ishak.

Ishak menuturkan, persiapan pelaksanaan SKD, baik yang difasilitasi BKN maupun LAN, sebagaimana laporan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara sudah mencapai 100 persen. “Untuk pelaksanaan psikotest oleh LAN, baik di Kantor BKPSDM dan Aula SMA Negeri 1 Tanjung Selor Bulungan, kursi peserta sudah tersusun rapi. Sementara untuk CAT oleh BKN maupun TKB oleh LAN, komputer yang akan digunakan sekitar 80 unit. 75 komputer eksisting, 5 untuk cadangan apabila ada komputer yang trouble,” bebernya.

Diuraikan, CAT oleh BKN dilaksanakan pada Selasa (21/11) dengan 5 sesi (mulai pukul 08.00 dengan durasi 90 menit per sesi), dan Rabu (22/11) dengan 1 sesi. Sementara, TKB oleh LAN dimulai pada Kamis (23/11) dengan 5 sesi, dan Jumat (24/11) diisi 3 sesi dengan durasi waktu selama 90 menit mulai pukul 8 pagi. Adapun jadwal psikotest oleh LAN, dilaksanakan pada Selasa (21/11) dengan dua sesi (sesi 1 pukul 06.30 hingga 11.00 Wita, sesi 2 pukul 11.00 hingga 16.30 wita) di dua tempat secara bersamaan. Yakni, di Kantor BKPSDM dan Aula SMA Negeri 1 Tanjung Selor, Bulungan. Dilanjutkan, pada Rabu (22/11) mulai pukul 06.30 hingga 11.00 Wita, hanya 1 sesi di dua tempat secara bersamaan. Dimana, tiap sesi psikotest disertai sekitar 100 peserta. “Materi SKB untuk psikotest, normatif sebagaimana psikotest yang dilaksanakan umumnya. Sementara untuk CAT (termasuk TKB), disesuaikan dengan rumpun jabatannya. CAT ini ada 100 butir soal ujian,” ungkap Ishak.(humas/pn1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close