INVASIKaltara

Susun Upah, Permenaker No. 1/2017 Harus Dipatuhi

TANJUNG SELOR, pelitanews.co.id – Pemerintah akan memberikan sanksi bagi perusahaan yang beroperasi di Kalimantan Utara (Kaltara), jika dalam penyusunan skala upah tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah. Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara Armin Mustafa, saat dikonfirmasi, Kamis (19/10). “Rabu (18/10) lalu, sudah kita sosialisasikan di Tarakan. Kita berharap dengan sosialisasi ini, perusahaan dapat tertib dalam menyusun skala upah,” ungkap Armin.

Disebutkannya, perusahaan yang dalam menyusun skala upah tidak mematuhi peraturan itu, akan dikenakan sanksi administratif. Tidak hanya itu, setelah sosialisasi disampaikan, kata Armin, perusahaan juga wajib menyampaikannya kepada karyawan. “Itu kewenangan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perlu dilakukan oleh perusahaan,” ujarnya.

Selain sanksi administratif, tindakan tegas lainnya adalah penghentian operasinal perusahaan. Namun, jelas Armin, tahapan demi tahapan pemberian sanksi juga diatur dalam Permenaker tersebut. Misalnya, teguran dalam peringatan tertulis atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengusaha terhadap peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pengupahan.

“Pembatasan kegiatan usaha, merupakan sanksi administratif yang meliputi pembatasan kapasitas produksi baik berupa barang maupun jasa dalam waktu tertentu, penundaan pemberian izin di salah satu atau beberapa lokasi bagi perusahaan yang memiliki proyek di beberapa lokasi,” jelasnya.

Selanjutnya, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi merupakan sanksi administratif untuk tidak menjalankan sebagian atau seluruh alat produksi baik berupa barang maupun jasa dalam waktu tertentu. “Pembekuan kegiatan usaha, merupakan kegiatan administratif untuk menghentikan seluruh proses produksi barang dan jasa di perusahaan dalam waktu tertentu,” katanya.(humas/pn1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close