Kaltara

Penginapan Penuh, Penerimaan CPNS Bawa Berkah Bagi Padagang Kecil

Banyaknya pelamar penerimaan CPNS di Pemprov Kaltara membawa berkah bagi para pedagang maupun pemilik hotel dan penginapan.
Banyaknya pelamar penerimaan CPNS di Pemprov Kaltara membawa berkah bagi para pedagang maupun pemilik hotel dan penginapan.

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Datangnya ribuan pelamar dari berbagai daerah di Tanah Air untuk mendaftar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), turut berdampak pada menggeliat ekonomi di ibukota provinsi Kaltara, Tanjung Selor.
Sejak beberapa hari ini, hampir semua penginapan dan hotel penuh. Angkutan umum, mulai dari speedboat dari Tarakan – Tanjung Selor (sebaliknya), maupun angkota kota ramai penumpang, Begitu juga di kalangan pedagang, mulai dari warung makan hingga pedagang kaki lima mendapat berkah dari kedatangan ribuan orang ke Tanjung Selor ini.
Di sektor perhotel misalnya. Rata-rata calon pendaftar dari luar daerah, baik yang dari luar Kaltara maupun dari beberapa daerah lainnya di Kaltara, tidak memiliki keluarga di Ibukota Kaltara, sehingga mengharuskan mereka tinggal atau menginap di hotel dan penginapan.
Hingga kemarin (19/9) kemarin, semua hotel dan penginapan di Tanjung Selor penuh. Di mana tamunya didominasi para pendaftar CPNS. Bahkan beberapa rumah sewa, kos penuh dengan para calon abdi negara itu.
Rina, salah satu resepsionis Hotel Platinum yang terletak di Jalan Durian mengaku, sejak beberapa hari terakhir, belasan kamar yang ada sudah terisi penuh. Bahkan puluhan orang yang datang sejak pagi ingin memesan kamar sudah ditolak olehnya. “Berbeda dengan hari biasanya yang sepi. Sejak adanya CPNS semua kamar penuh. Bahkan orang yang mau booking kami tolak karena takut tamu yang ada masih tambah menginap,” katanya.
Hal yang sama diungkapkan Rudi petugas jaga hotel di Jalan Jeruk. Kamar yang ada sejak Minggu sudah penuh dan hanya kosong pada Senin dua hari lalu dan kembali terisi pagi kemarin. “Sempat ada kosong tiga kamar. Tapi tadi pagi (kemarin) sudah full semua. Mulai siang hari semakin banyak yang datang dan kami tolak karena sudah tidak ada kamar yang tersedia,” ujarnya.
Sementara itu, diakui oleh salah satu calon pendaftar CPNS bernama Rika, sejak tiba di Tanjung Selor pagi kemarin. Ia bersama dengan tiga rekannya yang juga hendak mendaftar sempat keliling cari tempat menginap. “Sempat masuk di dua hotel berbeda, sampai akhirnya dapat tempat di Hotel Anugerah,” sebut sarjana muda lulusan salah satu sekolah tinggi di Makassar itu.
Sementara itu, sejumlah pedagang memanfaatkan momen ini untuk meraup rezeki.  Parno, salah satu pedagang makanan yang beberapa hari ini berjulan di lokasi pengumpulan berkas, yaitu di Jl Durian mengaku meraup untung besar. “Alhamdulillah mas, laris. Dagangan saya habis. Ya lumayan lah,” ujar pria asal Pulau Jawa itu. (eng)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close