Kaltara

Mau Jadi CPNS? Pemprov Kaltara Lakukan Penerimaan

Buka 500 Formasi, Minimal Berijazah D-3

HALAL BIHALAL: Seperti tahun sebelumnya, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersilaturahmi dan menyalami seluruh ASN di lingkup Pemprov Kaltara usai apel di Halaman Kantor Gubernur Kaltara, Senin (3/7). (humas prov kaltara)
HALAL BIHALAL: Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersilaturahmi dan menyalami seluruh ASN di lingkup Pemprov Kaltara usai apel di Halaman Kantor Gubernur Kaltara. Tahun ini akan ada seleksi penerimaan CPNS sebanyak 500 formasi.

TANJUNG SELOR, lintasbenuanta.com – Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Nomor 105 Tahun 2017 tertanggal 31 Agustus 2017 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) Tahun Anggaran 2017, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pun menerbitkan dokumen Pengumuman Nomor 810/727/2.1-BKD tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Pemprov Kaltara Tahun Anggaran 2017 tertanggal 5 September 2017.
Pada pengumuman seleksi penerimaan CPNS periode kedua, termasuk Kalimantan Utara, terlampir Rincian Penetapan Kebutuhan PNS di Kaltara Tahun Anggaran 2017. Di mana  tercantum alokasi formasi keseluruhan sebanyak 500 formasi.
Jabatan yang dibuka lowongannya sebanyak 109 jabatan untuk jenjang kualifikasi pendidikan Diploma III (D-3) hingga Strata 2 (S-2). Di antaranya, Auditor Ahli Pertama, Guru SMK Ahli Pertama, Guru SMA Ahli Pertama, Dokter Umum Ahli Pertama, Dokter Spesialis Ahli Pertama, Bidan Terampil, Pengadministrasi Umum, Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dan lainnya. “Pengumuman penerimaan sudah dapat dilansir sejak 5 hingga 19 September. Sementara pendaftaran online mulai 11 hingga 25 September. Untuk pendaftaran online, dapat mengakses situs https://sscn.bkn.go.id,” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Rabu (6/9).
Secara umum, sesuai pengumuman yang dirilis Pemprov Kaltara, persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta seleksi, di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kualifikasi pendidikan baik jenjang dan jurusan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun per 31 Desember 2017, tidak pernah dipidana, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.
Selain itu, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Perguruan Tinggi (PT) yang terakreditasi, minimal 2,30 untuk pendaftar atau pelamar yang berasal dari kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Kaltara—dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).  Sementara untuk, pelamar yang berasal dari luar wilayah Provinsi Kaltara IPK minimal 2,75. “Pemprov mencari CPNS yang bersih dari narkoba, berkelakuan baik juga bukan anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis,” jelas Gubernur.
Ditegaskan Gubernur, penerimaan CPNS tahun ini, calon peserta hanya dibenarkan untuk melamar hanya pada satu instansi atau daerah untuk satu pilihan nama jabatan dalam satu jenis formasi jabatan pada satu periode pendaftaran. “Artinya, pendaftar dapat mendaftar di instansi atau daerah lain dalam periode (batch) yang berbeda,” urainya.
Irianto mengingatkan, calon peserta seleksi penerimaan CPNS Kaltara tahun ini, bersifat terbuka dan online. Hal penting lain yang wajib disiapkan peserta, adalah kewajiban mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor KK, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai dengan Kartu Keluarga calon pelamar. “Pastikan mendisi semua data dengan benar, sebab data yang telah disimpan tidak dapat diperbaikai atau diubah,” ungkap Irianto.
Sementara itu, Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dari itu, jika pelamar sudah berhasil melakukan pendaftaran online ke portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), pelamar harus segera mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke Portal SSCN 2017. “Simpan kartunya dengan baik. Jangan sampai hilang,” ucap Gubernur.
Selain, mendaftar online, calon peserta juga wajib menyerahkan semua berkas persyaratan yang telah ditentukan ditambah dengan print out asli Tanda Bukti Pendaftaran online beserta dokumen lamaran lengkapnya untuk diverifikasi. Dokumen itu wajib diantar langsung ke Panitia Seleksi (Pansel) penerimaan CPNS Pemprov Kaltara pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Jalan Durian, Tanjung Selor. “Informasi lengkap mengenai Petunjuk Pendaftaran SSN 2017 dapat dilihat atau diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id/alur atau https://www.kaltaraprov.go.id,” kata Irianto.
Dijelaskannya, apabila peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) menggunakan sistem CAT. Namun, sebelumnya, peserta harus mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian melalui situs https://sscn.bkn.go.id. Pengumuman seleksi administrasi dijadwalkan pada 30 September 2017. “Disini peserta bisa dianggap gugur, apabila tidak membawa KTP dan KK asli, ijazah asli, transkrip nilai akademik asli, dan Kartu Tanda Peserta Ujian,” ungkap Irianto.
Pengumuman jadwal ujian dapat diakses di situs https://www.kaltaraprov.go.id atau di media cetak. “Ada dua materi seleksi CPNS tahun ini, yakni SKD dengan sistem CAT dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Untuk SKD, meliputi TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelejensia Umum), TKP (Tes Karakteristik Pribadi),” ulasnya.
Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan SKD dilakukan di Laboratorium CAT Pemprov Kaltara, Jalan Durian Nomor 4—samping Ruko Adira Finance atau di depan Universitas Kaltara, Tanjung Selor. SKD rencananya digelar pada 9 hingga 20 Oktober 2017, dan pengumumannya 23 Oktober 2017. Sedangkan, SKB dengan sistem CAT dijadwalkan digelar pada 25 hingga 30 Oktober 2017, dan SKB dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Psikologi. “Apabila ada yang merasa kurang jelas, segera mungkin menghubungi bagian pelayanan informasi serta pengaduan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Pemprov Kaltara 2017. Hubungi saja nomor 08115301420 selama jam kerja, atau lewat emal di pengadaancpnskaltara2017@gmail.com juga selama jam kerja,” tuntasnya. (humas)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close